Perkembangan Dunia Jaringan Sosial (Friendster, Facebook dll) terhadap Dunia Remaja

11 02 2010

 

Di jaman sekarang ini anak2 remaja sudah mengerti dan berkomunikasi lewat internet seperti friendster, facebook dll..

FRIENDSTER

Friendster adalah salah satu situs Social Network Service yang terpopuler di Asia. Social Network Service (Layanan Jaringan Sosial) ini merupakan pelayanan pembangunan data sosial bertumpu pada anggota yang mendefinisikannya secara terus menerus. Layanan semacam fs juga ada seperti MySpace, FaceBook, Orkut, LinkedIn, dll.. Layanan ini disediakan secara gratis dan tidak memungut biaya.,

Sejarah Friendster

Dulu friendster ini bernama “Napster” (sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang pengguna akan membuat identitas maya). Situs ini dibuat sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Sejak awal 2005, situs ini juga telah memulai dan menambahkan fitur-fiturnya.

Fungsi Friendster

Secara umum FS berguna untuk berkomunikasi dengan teman di seluruh dunia melalui internet. Fs juga berguna untuk mencari teman lama maupun teman baru di dunia maya. Untuk kalangan remaja biasanya fs digunakan untuk mencari teman dan pacar baru. Tetapi hati2 lah jika kamu bermain fs karena semua data yang ada di sana belum tentu asli karena fs hanya dunia maya.

1. Pengaruh positif :

* Keep in Contact (tetap terjaga komunikasinya).. Secara, kirim kirim comment n kirim message.. sebenernya kebanyakan kirim kirim comments (dulu testimonial).. Apalagi di facebook, kan bisa chat juga tanpa ada software yang repot harus didonlot n di instol..

* Menambah wawasan iptek.. ia donk, kan kita mau ga mau harus belajar dulu cara bikin e-mail, terus gimana cara sign in, cara sign out/log out.. cara upload foto, cara embed media, cara update profile, cara add request, cara tag foto.. macem-macem!..

* Jadi kenal sama yang tadinya ga kenal.. di dunia maya , semua orang pasti berani! .. biasanya yang diem di dunia nyata, bisa jadi aktif banget di dunia maya (internet).. kalo chatting ya ceplos-ceplosan.. di friendster bebas mau ngirim comment apa ama orang itu(asal jangan spam)..Jadi orang-orang pada berani kenalan ama yang ga kenal..

* Jadi lebih kreatif.. contohnya di friendster, kita harus kreatif n rajin-rajin update profile kita.. kalo ga, orang bakal bosen..kreatif nya dalam hal mengubah tampilan layout, ato dengan text yang menarik.. dengan tidak langsung, itu udah belajar dengan yang namanya “html code”..kalo di facebook, ehem.. maen pet society..hahaa..jadi lebih kreatif~!!dijamin..

2. Pengaruh negatif:

* Menjadikannya sebagai prioritas utama.. Setiap hari pasti buka friendster n facebook!!..buat apa? buat ngecheck comment ..kalo ga , nanti orang yang ngirim comment ntu bakalan marah.. daripada kena batunya , mending langsung bales.. well, itu satu dari banyak alesan kenapa orang buka friendster tiap hari.. akibatnya : biaya internet mahal, ibu minum baygon..

* Memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan terhadap privasi orang.. Jaman sekarang, comment bukan dipake lagi buat mengkritik atau mengomentari orang itu.. 70%nya malahan NGEGOSIP..hehe.. ia, ngegosip..jadi orang yang ga tau masalah itu, pengen tau masalahnya.. itu sama aja ngeliat privasi orang kan?

* Komunikasi terhadap keluarga MENGURANG.. Pas asik-asiknya lagi ngirim comment.. lagi liat profil orang.. ada yang ngajak ngobrol tuh..misalnya si kakak.. nah, coba rasain tuh kalo dicuekin..soalnya otak kita pokusnya ama layar monitor komputer aja..kaka bakalan merasa terbuang,terpojokkan karena didiemin terus sepanjang hari ama adenya.. kecewa ga coba?..untungnya kaka gw bae bae + sabar.. heehee.

 

FACEBOOK

Mungkin cukup buat pengaruh-pengaruhnya.. perkembangan friendster n facebook dari awal dibuat sampe sekarang emang cepet banget perkembangannya.. Tujuannya pun supaya menarik lebih banyak pengguna n mempertahankan si pengguna tertarik dengan apa yang diupdate sama admin-adminnya..jadi, ati-ati aja supaya ga terjerumus ke dampak-dampak negatifnya..

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Dampak  negatif (tidak sehat ) dari facebook

Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis dimana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman kita. Dan dari jaringan yang kita bentuk, dari facebook kita dapat memperhatikan aktifitas mereka, mengikuti permainan/ join game yang direkomendasikan, menambahkan teman atau jaringan kita berdasarkan organisasi sekolah, daerah domisili kita dan seterusnya.

Pengguna jejaring sosial Facebook sudah mencapai 300 juta orang, kurang lebih setara dengan jumlah penduduk Amerika Serikat.

“Jumlah pengguna memang sangat banyak, tetapi yang kami pikirkan dari jumlah tersebut adalah bahwa kami baru saja mulai mencapai tujuan kami, yakni menghubungkan setiap orang,” kata Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer Facebook pada blog-nya. ” Mark Zuckerberg tidak memperhatikan dampak negatif dari facebook ……………………!!!!!!!!!!

Melihat perkembangan yang begitu pesat dari facebook. Terdapat beberapa dampak negatif (tidak sehat)  yang melanda facebookmania dan jejaring sosial sekitarnya. Menurut saya dampak negatif ( tidak sehat ) dari facebook tersebut sebagai berikut  :

  1. Banyak waktu yang terbuang sia-sia dan tidak bermanfaat.
  2. Penurunan produktifitas dalam bekerja ( yang jadi prioritas adalah facebook dulu ).
  3. Berkurangnya silaturahmi di dunia nyata.
  4. Dapat memicu pergaulan bebas yang tanpa batas. Terbuka peluang selingkuh, kejahatan seksual, hii. Narsis serem dehhh..
  5. Menjadi faktor resiko penyakit degeneratif, seperti jantung, kanker, stroke. Karena kurang geraknya anggota tubuh.
  6. Beresiko terjadinya beberapa penyakit fisik karena terlalu lama duduk dan memegang mouse. Seperti sakit punggung, nyeri sendi.

Anda juga kekurangan waktu tidur. Kehilangan waktu tidur dalam waktu lama dapat menyebabkan kantuk berkepanjangan, sulit berkonsentrasi, dan depresi dari sistem kekebalan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: