Malware

15 01 2010

Malware: Apa Itu dan Cara Menanganinya

Kita mengenal virus sebagai ancaman terhadap komputer kita, namun sesungguhnya virus hanyalah salah satu bentuk dari apa yang disebut malware. Malware, secara umum, adalah program yang bersifat merusak komputer. Malware dibagi atas: virus, worm, trojan horse, spyware, backdoor, dan dialer/downloader.

  1. VIRUS, adalah program yang merusak komputer dan sanggup menularkan dirinya
  2. WORM, adalah program yang bisa memperbanyak dirinya sendiri hingga membebani memory
  3. TROJAN HORSE adalah program yang merusak komputer secara diam-diam
  4. SPYWARE adalah program yang diam-diam mengirimkan data dari komputer ke internet
  5. BACKDOOR , adalah program yang membuat celah di komputer untuk dimasuki dari luar
  6. DIALER/DOWNLOADER, adalah program yang diam-diam membebani jaringan dengan terus-menerus melakukan dialling (dialer) atau download file-file besar dari internet

Untuk mengatasi malware, kita mengenal program antivirus, antispyware, dan paket (security suite). Program antivirus ada yang gratis dan ada yang membayar (komersial). Umumnya, program berbayar lebih bagus, dengan konsekuensi harga yang harus dibayar untuk lisensi.

Antivirus Gratis

  1. AVG Antivirus Free Edition (http://free.grisoft.com), buatan Grisoft, Inc. menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Dapat diupdate secara online atau offline. Cukup populer di Indonesia.
  2. Avira AntiVir Classic Personal Edition (http://www.free-av.com), buatan Avira, menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Agak sulit diupdate secara offline. Menampilkan iklan saat melakukan update. Dalam beberapa uji coba lebih baik dibandingkan AVG.
  3. Avast! Home Edition (http://www.avast.com), buatan Alwil Software, buatan Grisoft, Inc. menyediakan fungsi antivirus scanner (on-demand) dan protector (on-access). Memerlukan license key yang didapatkan secara gratis dengan mendaftar di situs avast (berlaku satu tahun dan dapat diperpanjang). Dapat diupdate secara online atau offline. Kemampuannya setara dengan AVG.
  4. BitDefender Free (http://www.bitdefender.com), buatan BitDefender, hanya menyediakan scanner tanpa real-time protection. Kemampuannya terbaik di antara antivirus gratis.
  5. ClamAV (http://www.clamwin.net),
    bersifat open source. hanya menyediakan scanner tanpa real-time protection. Bisa digabungkan dengan antivirus lain (PCMAV). Sayangnya, kemampuannya jauh di bawah antivirus gratis lain.
  6. PCMedia Antivirus (PCMAV; http://www.virusindonesia.com), buatan PC Media, dirilis setiap majalah PC Media terbit. Cukup bagus mengatasi virus lokal, sayang startupnya lama sekali (di laptop Penulis memakan waktu 2 menitan).
  7. Antivirus lokal lain seperti: Ansav, smadav, CompactByte Catatan: AVG, Avira, Avast, dan BitDefender juga menyediakan versi berbayar

Antivirus Berbayar

  1. Kaspersky Antivirus (http://www.kaspersky.com), dikenal handal dan daya deteksinya tinggi. Di lain pihak, dikenal sebagai pelahap resource sistem paling rakus.
  2. NOD32 (http://www.eset.com), sedikit di bawah Kaspersky dengan resource yang lebih hemat. Untuk update(hanya online) dibutuhkan password.
  3. Norton Antivirus (http://www.symantec.com)
  4. McAfee Antivirus (http://www.mcafee.com)
  5. Antivirus lain: F-Secure, F-Prot, Panda, Norman, Sophos, PC Cilin

Sumber: prayudi.web.id


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: