Chatting di Internet

15 01 2010

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan berbagai cara dan berbagai alat. Misalnya saja komputer. Komputer dapat digunakan sebagai sarana komunikasi jarak jauh, bahkan bisa antar negara dan antar benua. Salah satu caranya adalah dengan “Chatting”. Chatting dapat dilakukan apabila komputer sudah terhubung dengan internet dan pada komputer tersebut sudah terinstal software/program untuk chatting. Singkatnya, definisi chatting adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice). Nah, kali ini kita akan membahas software program apa saja sih yang digunakan untuk chatting… Ayo siapa yang tahu?

Salah satu program yang digemari untuk chatting adalah dengan “IRC” . Selain itu ada juga MSN Messenger, Yahoo Messenger, ICQ (I Seek you), American On-Line (AOL) dan bahkan saat ini beberapa website memberikan fasilitas langsung untuk para pengunjung yang telah mendaftar sebelumnya untuk chatting. Mau tahu lebih lengkap ngobrol pakai komputer? Silahkan baca terus kelanjutan artikel ini….

Umumnya orang akan memilih program chatting yang paling banyak digemari dan mudah menjalankannya. Sekarang, mari kita lihat cara menjalankan beberapa program untuk chatting dan kelebihannya.

mIRC

ICQ

Yahoo!Messenger

NickName

NickName merupakan nama yang akan muncul dikotak status kamu. NickName bisa nama kamu sebenarnya atau bisa juga menggunakan nama samaran. Untuk lebih baiknya kamu menggunakan NickName yang sama setiap kali chatting sehingga teman-teman kamu akan lebih mudah mengenali kamu.

Register

NickName kamu akan aman bila kamu telah me-register-kan pada server. Dengan diregister, nama NickName kamu tidak akan bisa dipakai oleh orang lain. Masing-masing server mempunyai cara sendiri-sendiri, sebagai contoh sebagai berikut :

Bila memakai telkom : Ketikkan pada jendela status, /msg NickServ register . Setelah semua pesan keluar maka ketikkan lagi di jendela status, /msg NickServ identify untuk mengidentifikasi bahwa NickName itu memang milik kamu. prosedur kedua harus selalu kamu ketikkan sewaktu chatting.

Bila memakai DalNet : Pada jendela status ketikkan /msg NickServ@services.dal.net register . Tunggu beberapa saat sampai keluar semua peraturan dan kamu dinyatakan diterima. Setelah itu bukalah e-mail kamu dan ambillah nomor veryfikasi dari DalNet (dicopy) dan paste-kan di jendela status kamu. apabila prosedur ini tidak kamu penuhi maka NickName kamu akan dihapus. Untuk selanjutnya bila kamu chatting cukup ketikkan di jendela status /msg NickServ@Services.dal.net identify

Server

Banyak server yang bisa digunakan, kamu tidak perlu bingung karena semuanya hampir sama bagusnya hanya saja beda penampilan. Akan tetapi juga perlu dicatat bahwa antar server tidak bisa berhubungan. contohnya bila kamu memakai DalNet dan teman kamu memakai telkom maka kamu tidak akan pernah ketemu. Server-server yang terkenal di Indonesia antara lain : DalNet (banyak macamnya), telkom.net, irc.plasa.com, indonet, wasantara, interaksi, dll.

Channel

Merupakan tempat kamu bisa menemukan teman untuk diajak ngobrol, misalnya di #bandung, #indonesia, #jakarta dll. Kamu bisa membuat channel sendiri apabila kamu menginginkannya, caranyapun mudah.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: