Pengertian Komputer

13 01 2010

Komputer : Alat Serba Bisa

Komputer itu apa sih? Kalian tahu nggak kalau menurut bahasa aslinya (bahasa Inggris) komputer berarti ‘tukang hitung”! Tidak salah-salah amat sih kalau kalian menyebut komputer sebagai ‘tukang hitung”. Pada awalnya memang computer diciptakan untuk menghitung. Lalu apa bedanya komputer dengan kalkulator. Kalian tahu juga ‘kan kalau kalkulator dipakai untuk menghitung juga. Bedanya adalah komputer bisa diprogram untuk melakukan tugas-tugas lain, tidak semata-mata hanya untuk menghitung. Tugas-tugas lain itu apa ? Tugas-tugas lain itu antara lain : mengolah data, menganalisa data, menyimpan data, mengirimkan data dan masih banyak lagi. Bingung ?

Supaya kamu nggak bingung, Smarty jelaskan beberapa istilah yang perlu kalian ketahui. Istilah pertama adalah program. Program adalah susunan perintah yang kita berikan kepada komputer untuk melakukan sesuatu. Komputer itu pada dasarnya adalah sebuah mesin yang bodoh. Dia tidak akan melakukan apa-apa jika kita tidak memberi perintah. Tetapi komputer adalah mesin yang sangat taat pada perintah yang kita berikan. Komputer tidak dapat membedakan mana perintah yang benar dan mana perintah yang salah. Dia akan melakukan setiap perintah persis seperti yang kita perintahkan.

Jadi komputer berbeda dengan kalian. Kalian masih bisa berpikir untuk melakukan atau tidak melakukan sebuah perintah. Kalau kalian diperintahkan untuk mencuri, maka kalian masih bias berpikir apakah perintah itu benar atau salah. Jika perintah itu adalah perintah yang salah pasti kalian tidak akan melaksanakannya. Tetapi komputer tidak bias berpikir ! Dia tidak tahu mana perintah yang benar mana yang salah. Pokoknya dia hanya menerima perintah dan menjalankannya.

Kalian pasti berpikir, bagaimana sih caranya memerintah komputer ? Seperti yang Smarty jelaskan di atas,perintah-perintah untuk komputer disusun dalam sebuah program. Membuat program untuk komputer ternyata tidak gampang. Kalian harus memahami dulu bahasa komputer. Seperti kalo kalian mau memerintah orang Inggris, kalian harus tahu bahasa Inggris supaya orang tadi mengerti perintahnya. Atau kalau mau memerintah orang India, kalian harus tahu bahasa India. Nah, komputer punya bahasanya sendiri. Kalian harus belajar bahasa computer supaya bisa membuat program. Orang yang pekerjaannya membuat program komputer disebut programmer. Jika sudah besar nanti kalian bisa juga jadi programmer. Gajinya lumayan lo !

Istilah kedua yang mau Smarty jelaskan adalah data. Singkatnya data itu adalah kumpulan informasi. Contohnya data pribadi Smarty :

Nama        : Smarty
Tempat Lahir    : Jakarta
Tanggal Lahir    : 1 Januari 2000
Alamat        : Jl. Palmerah Barat 29-31 Jakarta

Kalian pasti punya data pribadiseperti di atas. Nah, kumpulan informasi/keterangan seperti itulah yang disebut data. Selain data pribadi masih banyak lagi jenis data lainnya. Komputer bias kita perintahkan untuk mengolah data, menyimpan data, mengirim data, menganalisa data dan sebagainya. Karena kemampuannya itu, komputer bisa mengerjakan berbagai macam perkerjaan tidak seperti kalkulator yang hanya bisa menghitung. Contoh-contoh pekerjaan yang bisa dikerjakan komputer :

  • Membuat dokumen, menyimpannya dan mencetaknya
  • Membuat gambar
  • Menghitung berbagai macam perhitungan
  • Berkomunikasi melalui internet
  • dan masih banyak lagi

Komputer bisa juga dimanfaatkan sebagai alat untuk belajar seperti yang kalian lakukan sekarang. Dan asal tahu saja jaman sekarang komputer telah dipakai untuk banyak sekali hal. Komputer dipakai di sekolah, di kantor, di lapangan udara, di rumah sakit, pokoknya dimana-mana deh. Oleh karena itu kalian harus belajar komputer sejak masih kecil.

Pertanyaan :
1.Apakah perbedaan komputer dan kalkulator ?
2.Apakah yang dimaksud dengan program ?
3.Apakah yang disebut data ? Berikanlah contohnya !


Aksi

Information

2 responses

15 01 2010
hmcahyo

salam kenal🙂

istri saya ngajar di SMPN Wagir 2🙂

15 01 2010
labkomp.wagir1

terima kasih Bapak, salam kenal kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: